Rabu, 27 Oktober 2010

Bantul (1)


Assalamu alaikum

Sudah sejak tahun 1997 saya tinggal di Yogya. Lebih dari 7 tahun tinggal di bantul sisanya di Sleman. Sudah selama itu tinggal di bantul, baru belakangan ini sadar Bantul itu keren loh, agak norak memang, tapi gak pa2. Memang beberapa waktu terakhir baru dapat kesempatan melihat wilayah bantul yang lain. Tempat yang lagi sering saya datangi karena memang ada kegiatan di sana adalah Desa Wisata Kebon Agung, Imogiri.
Pemda Bantul memang sedang banyak mengembangkan desa wisata, salah satunya adalah Kebon Agung. Di desa ini wisatawan biasanya menginap sekitar 3 hari di rumah penduduk yang memang disiapkan untuk menginap. Tamu yang datang akan diajak melakukan kegiatan menanam padi di sawah, keliling desa naik sepeda ontel, membuat apem, membatik dan laian-lain.  Di desa ini memang 80% penduduknya bertani.


                                          Salah satu tempat menarik di Kebon Agung

Kalau melihat padi seperti ini jadi mikir, kok bisa pemerintah punya ide bikin gerakan 1 hari tanpa makan nasi.


Selain tempatnya yang bagus dan bersih, di Kebon Agung juga ada kelompok ibu-ibu yang kretif, salah satunya mbak Denok. Foto di atas hasil jahitan mbak denok, keren ya..
Foto yang dibawah adalah Dompet buatan ibu-ibu kebon agung. Disana memang ada kelompok ibu-ibu yang lagi mengembangkan produk dompet dari bahan kain seperti batik dan brokat.

Jadi yang di Yogya, kapan-kapan jalan-jalan ke Kebon Agung ya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar