Kamis, 11 November 2010

Say The Magic Words

"Tolong, Terimaksih dan Maaf"


Teman yang paling menyenangkan adalah teman yang mempunyai empati. Dia biasanya memahami bagaimana merespon keadaan teman-temannya baik dalam keadaan bahagaia atau ketika sedang mendapatkan masalah.

Setelah punya anak, yang ada dalam pikiran saya sebagai bunda adalah bagaimana mengajarkan anak agar mempunyai empati. Dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan ada satu hal yang harus dimengerti anak. Hal tersebut adalah mengerti tentang kata ajaib, yaitu Tolong, Terimakasih dan Maaf.
Sepertinya sederhana, cuma 3 kata tapi sangat penting. Saya pernah memperhatikan ada anak-anak yang tidak paham 3 kata ajaib itu dan mereka cenderung tidak mau mengalah ketika bermain bersama.

“Tolong ambilkan mainan yang disebelah mu, teman”
“Terimaksih, telah berbagi dengan saya”
“Maaf saya tidak sengaja menumpahkan minum mu”

Sepertinya 3 kata ajaib itu juga bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih nyaman untuk anak-anak kita.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Banget ... saya *insyaAllah* selalu mengucapkan 3 kata itu setiap saat dibutuhkan :)

    BalasHapus