Senin, 25 Oktober 2010

Tutorial: Buku Catatan

Assalamualaikum..
Mencatat itu sesuatu yang mudah tapi ternyata gak gampang alias banyak malasnya. Biar gak malas mau nyoba nyatet di buku yang covernya unik, custom, bikin sendiri gampang banget loh.


Yang harus dipersiapkan:
1. Karton Kuning
2. Lem Kuning
3. Kertas HVS yg udah dijilid dgn ketebalan sesuai selera
4. Kain (sisa, yg unik dan keren ya, batik jg Ok)
5. Gunting, cutter, pensil dan penggaris

1.Ukur kertas, lalu ukur karton yg akan dijadikan sampul, uk.atas,bawah, kiri,kanan dilebihkan masing-masing sekitar 1 cm. Lalu potong lagi 1 bagian karton dengan ukuran seperti kertas hvs atau lebih kecil.


2. Potong kain 2 bag, masing-masing untuk menutupi karton. Sisakan bagian untuk lipatan ya..seperti di gambar bawah ini.

3. Mulai lipat kain ke koran, seperti menyampul buku. Jangan lupa diberi lem pada pinggir kain dan karton yg saling menempel. Secukupnya ya, kalo kebanyakan jd terlihat tidak rapi. Kalo sudah selesai, karton yang satu lagi juga dilapisi kain.


4.Setelah kedua lembar karton dilapisi kain, masing bagian yg tidak tertutup kain dengan penuh dilem, lalu ditempel jadi satu, kemudian kertas HVS yang sudah dijilid ditempel ditengah karton, seperti gambar dibawah ini ya..

5. Jadi deh bukunya..jangan lupa untuk selalu mencatat ide dan hal-hal menarik yang menginspirasi dirimu ya..


Semoga bermanfaat ya..
Kalo ada tahap yang gak jelas, silahkan tanya..

2 komentar:

  1. menjilid hvsnya gimana caranya ya ? di lem di bagian pinggirnya ? bukannya susah ya O_o

    BalasHapus
  2. mb fenty: kalau sekitar 50lbr gak susah, kertas yg udah disiapkan atas dan bawah dijepit, lalu bag sampingyg mau dilem di cutter melintang, lalu di lem pake lem PVC, yg putih itu, kalo udah kering bariu penjepitnya dilepas ya..kalo bingung dijilid di tempat FC aja :)

    BalasHapus